Kamis, 02 Agustus 2012
Jumat, 27 Juli 2012
TAS Prak. Belajar dan Pembelajaran
07.12
No comments
TAS Prak. Belajar dan Pembelajaran akan diadakan pada:
Hari : Sabtu, 28 Juli 2012
Pukul : 14.00 WIB
Ruang : A-FTI
Materi : - Teori Belajar Behavioristik,
- Teori Belajar Kognitif,
- Teori Belajar Humanistik,
- Teori Konstruktivisme,
- Prinsip Belajar,
- Masalah-masalah Belajar
Salam sayang,
Andi & Jeki
Rabu, 25 Juli 2012
Jumat, 06 Juli 2012
Prak. Belajar Dan Pembelajaran PT001B
07.22
No comments
Teman - teman dapat mendownload Materi Prinsip Belajar Dan Tugas
Ketentuan tugas =
1. Kerjakan Tugas sesuai Soal
2. Kelompok 1 dan 2 : Pengembangan teori belajar (sertakan dengan contoh-contohnya)
3. Kelompok 3 dan 4 : Analisis masalah pembelajaran (sertakan contoh masalah dan analisisnya)
4. Dikerjakan dan dikumpulkan dalam bentuk Hardcopy (makalah)
5. Batas Pengumpulan tgl 9 Juli 2012
6. Buat dalam format ppt juga
Ketentuan tugas =
1. Kerjakan Tugas sesuai Soal
2. Kelompok 1 dan 2 : Pengembangan teori belajar (sertakan dengan contoh-contohnya)
3. Kelompok 3 dan 4 : Analisis masalah pembelajaran (sertakan contoh masalah dan analisisnya)
4. Dikerjakan dan dikumpulkan dalam bentuk Hardcopy (makalah)
5. Batas Pengumpulan tgl 9 Juli 2012
6. Buat dalam format ppt juga
Senin, 25 Juni 2012
Belajar dan Pembelajaran
01.02
9 comments
Apa yang anda pahami tentang Teori Belajar Konstruktivisme?
jelaskan pemahaman anda!
I try my best to teach you... :)
Minggu, 17 Juni 2012
Senin, 21 Mei 2012
Belajar dan Pembelajaran
22.52
No comments
Untuk materi 1 dapat di download di sini ...
Jangan lupa untuk dipelajari..
Don't want to miss a thing.. ^_^
Jangan lupa untuk dipelajari..
Don't want to miss a thing.. ^_^
Selasa, 17 Januari 2012
Strategi Belajar Mengajar Chapter1
09.17
No comments
Perbedaan Model, Metode, Pendekatan,
dan Strategi Belajar Mengajar
1. Model Pembelajaran
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga akhir dan disampaikan secara khas oleh pendidik atau guru. Apabila antara pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Dengan kata lain model pembelajaran merupakan bungkus dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
4 kelompok model pembelajaran, yaitu:
· model interaksi social.
· model pengolahan informasi.
· model personal-humanistik.
· model modifikasi tingkah laku.
2. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan sebuah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, yaitu:
· Ceramah
· Demonstrasi
· Diskusi
· Simulasi
· Laboratorium
· Pengalaman lapangan, dll.
3. Pendekatan pembelajaran
merupakan sebuah sudut pandang terhadap proses pembelajaran. Dan proses pembelajaran tersebut merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang bersifat umum. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran memiliki dua jenis pendekatan, yaitu:
· Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
· Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru.
4. Strategi belajar mengajar
Strategi belajar mengajar merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dalam strategi pembelajaran pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan – keputusan yang akan diambil dalam pelaksanaan pembelajarannya karena dalam strategi pembelajaran mengandung makna perencanaan.
Jika dilihat dari cara penyajian dan cara pengolahannya, pembelajaran dapat dibedakan dalam dua bagian, yaitu:
· Strategi pembelajaran induktif
· Strategi pembelajaran deduktif
Karena strategi pembelajaran masih bersifat konseptual, maka untuk mengimplementasikannya perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran tertentu.
Kesimpulan:
· Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan, kemudian diturunkan ke dalam strategi pembelajaran.
· Dengan strategi pembelajaran yang masih bersifat konseptual, maka perlu adanya metode pembelajaran untuk mengimplementasikannya.
· Metode pembelajaran merupakan sebuah cara untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran.
· Metode pembelajaran dijabarkan kedalam teknik dan gaya pembelajaran.
· Dan apabila antara pendekatan, strategi, metode sudah terangkai menjadi satu, maka terbentuklah sebuah model pembelajaran.
· Jadi model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga akhir yang disampaikan secara khas oleh pengajar.
Langganan:
Postingan (Atom)