Senin, 25 Juni 2012

Belajar dan Pembelajaran

Apa yang anda pahami tentang Teori Belajar Konstruktivisme?
jelaskan pemahaman anda!


I try my best to teach you... :)

9 komentar:

  1. (sulistiono-702011117)
    menurut saya kontruktivisme itu dari 2 kata kontruk & isme...
    1.kontruk itu membangun dan isme itu aliran:jadi aliran yang membangun bukan rumah atau jalan tetapi membangun pemikiran dan sikap.
    2.membangun bangunan dalam diri,membebaskan pemikiran,sehingga pemikiran tidak di batasi. orang lain hanya mengarahkan pemikiran bebas itu kearah yang lebih baik,penyesuaian terhadap lingkungan sekitar menanamkan pengetahuan baru dan hal yang baru.

    BalasHapus
  2. (sulistiono-702011117)
    menurut saya
    kontruktivisme:terdiri dari 2 kata
    yaitu:kontruktiv & isme.
    membangun pemikiran,membebaskan pemikiran sehingga mendapatkan hal yang maksimal.
    tugas orang lain ,mengarahkan pemikiran itu kearah yang positif...

    BalasHapus
  3. mnuruut saya, Teori belajar konstruktivisme merupakan teori belajar yang lebih menekankan pada proses dan kebebasan dalam menggali pengetahuan serta upaya dalam mengkonstruksi pengalaman. Dalam proses belajarnya pun, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan gagasannya dengan bahasa sendiri, untuk berfikir tentang pengalamannya sehingga siswa menjadi lebih kreatif dan imajinatif serta dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif(memiliki peluang seperti yang diinginkan).

    BalasHapus
  4. ~~~702011028~~~Aprila Tidar Naresta~~

    Teori Konstruktivisme itu Bisa dibilang teori belajar yang membangun, karena ada ciri dari Konstruktivisme seperti pengetahuan dibangun oleh murid sendiri dan murid akan menjadi u atau mendapat ilmu lebih jika murid itu aktif. jadi Konstruktivisme merupakan suatu upaya agar pendidikan itu tidak monoton dan tidak memaksa. karena semua tergantung pada individu/murid yang menginginkan pada satu keahlian yang diinginkan . Jadi peran Guru Hanya membantu dan murid yang harus aktif ini sangat bagus untuk pendidikan jaman sekarang namun juga oerlu di koreksi untuk siswa-siswa yang memang memerlukan perhatian khusus dalam mencerna suatu pelajaran. Teori Konstruktivisme membantu mengembangkan Kognitifisme dan Intelektualiesme seorang anak.

    BalasHapus
  5. Konstruktivisme adalah suatu upaya membangun tata susunan hidup yang berbudaya modern. Konstruktivisme merupakan landasan berfikir (filosofi) pembelajaran konstektual yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong-konyong. Pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta, konsep, atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat. Manusia harus mengkontruksi pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman nyata.
    Selain itu yang paling penting adalah guru tidak boleh hanya semata-mata memberikan pengetahuan kepada siswa . siswa harus membangun pengetahuan didalam benaknya sendiri. Seorang guru dapat membantu proses ini dengan cara-cara mengajar yang membuat informasi menjadi sangat bermakna dan sangat relevan bagi siswa, dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide-ide dan dengan mengajak siswa agar menyadari dan menggunakan strategi-strategi mereka sendiri untuk belajar.

    702011114
    Randika N.G.S

    BalasHapus
  6. Belajar Konstruktivisme menekankan pada proses belajar, bukan proses mengajar. Mendorong terjadinya kemandirian dan keaktifan belajara kepada siswa. Belajar merupakan suatu proses, bukan menekan pada hasil. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuan dan pemahaman baru yang didasarkan pada pengalaman nyata.

    BalasHapus
  7. Teori belajar konstruktivisme merupakan teori belajar yang lebih menekankan pada proses dan kebebasan dalam menggali pengetahuan serta upaya dalam mengkonstruksi pengalaman. Dalam proses belajarnya pun, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan gagasannya dengan bahasa sendiri, untuk berfikir tentang pengalamannya sehingga siswa menjadi lebih kreatif dan imajinatif serta dapat menciptakan lingkungan
    belajar yang kondusif.

    Novita Felicia__702011127

    BalasHapus
  8. Konstruktif adalah pendekatan yang memberi hak dan peluang untuk murid belajar dengan membina makna dan kefahaman yang tinggi dalam kerangka pikiran masing-masing.
    Teori Konstruktivisme itu pembelajaran yang bersifat generatif
    ==> Generatif Yaitu tindakan menciptakan sesuatu makna dari apa yang dipelajari.
    Konstruktivisme merupakan paham dimana murid bisa membina sendiri pengetahuannya atau konsep secara aktif berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang sudah ia miliki sebelumnya selanjutnya dikonstruksikan menjadi pengetahuan baru.

    Natanael Ardik S.C >>702011121<<
    natanaelsavior@yahoo.co.id
    @NatanaelArdik

    BalasHapus