Selasa, 17 Januari 2012

Strategi Belajar Mengajar Chapter1


Perbedaan Model, Metode, Pendekatan,
dan Strategi Belajar Mengajar

1.      Model Pembelajaran
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga akhir dan disampaikan secara khas oleh pendidik atau guru. Apabila antara pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Dengan kata lain model pembelajaran merupakan bungkus dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
4 kelompok model pembelajaran, yaitu:
·         model interaksi social.
·         model pengolahan informasi.
·         model personal-humanistik.
·         model modifikasi tingkah laku.

2.      Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan sebuah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, yaitu:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Diskusi
·         Simulasi
·         Laboratorium
·         Pengalaman lapangan, dll.

3.      Pendekatan pembelajaran
merupakan sebuah sudut pandang terhadap proses pembelajaran. Dan proses pembelajaran tersebut merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang bersifat umum. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran memiliki dua jenis pendekatan, yaitu:
·         Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
·         Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru.

4.      Strategi belajar mengajar
Strategi belajar mengajar merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dalam strategi pembelajaran pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan – keputusan yang akan diambil dalam pelaksanaan pembelajarannya karena dalam strategi pembelajaran mengandung makna perencanaan.
Jika dilihat dari cara penyajian dan cara pengolahannya, pembelajaran dapat dibedakan dalam dua bagian, yaitu:
·         Strategi pembelajaran induktif
·         Strategi pembelajaran deduktif
Karena strategi pembelajaran masih bersifat konseptual, maka untuk mengimplementasikannya perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. 

Kesimpulan:
·         Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan, kemudian diturunkan ke dalam strategi pembelajaran.
·         Dengan strategi pembelajaran yang masih bersifat konseptual, maka perlu adanya metode pembelajaran untuk mengimplementasikannya.
·         Metode pembelajaran merupakan sebuah cara untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran.
·         Metode pembelajaran dijabarkan kedalam teknik dan gaya pembelajaran.
·         Dan apabila antara pendekatan, strategi, metode sudah terangkai menjadi satu, maka terbentuklah sebuah model pembelajaran.
·         Jadi model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga akhir yang disampaikan secara khas oleh pengajar.
  

0 komentar:

Posting Komentar